6 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Contact Lenses

contact-lenses
Image Source : bonehamoptom

Meski sudah banyak yang share tulisan senada atau mungkin bagi sebagian udah bosan baca tulisan yang mirip begini. Hari ini saya tetap pengen share tips berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan contact lenses atau yang lebih familiar kita sebut soft lenses. Karena beberapa kali lihat posting atau berita yang menyatakan bahaya penggunaan soft lenses sementara justru sebaliknya penjualan item ini makin marak di pasaran. Kalau readers aktif di instagram mungkin udah bukan hal asing yah kita liat iklan soft lenses ini yang dijual dengan harga yang relatif murah, belum lagi jangka waktu atau masa pemakaiannya rata-rata 6 bulan ke atas. Sejujurnya saya agak ngeri ngebayangin tuh barang dipake sampe selama itu. Tapi memang beberapa iklan sih cukup menggiurkan ya dearest, apalagi buat para wanita nih. Belakangan beberapa jenis produk yang cukup populer diantaranya jenis no bluk dan dubai. Tentunya masing-masing jenis memiliki keunggulan masing-masing. Detailnya readers bisa googling sendiri nanti ya.

Sudah kurang lebih 6 tahun saya menjadi pengguna contact lenses. Pada awalnya saya ngga terlalu perhatikan merk atau jenisnya, masih pemula banget sih. Tapi lama kelamaan saya jadi tau dan paham contact lenses yang sesuai dengan kebutuhan mata saya. Karena memang pada dasarnya saya ini super sensitif, haha. Maksudnya selain punya kulit wajah yang lumayan super sensitifnya, mata juga sama. Terlebih lagi mata saya memiliki kecenderungan kering. Kebayang pemakaian contact lenses dalam waktu yang lama akan sangat menganggu bahkan menyakitkan yang mungkin bagi orang lain ngga akan jadi gangguan yang serius.

Ada sih beberapa sentilan begini, ih mau banget ya menderita demi cantik. I said no. Saya sebetulnya bukan orang yang pro sama motto “beauty is pain”. Saya rasa kita semua sebagai wanita atau perempuan bisa cantik tanpa harus merasa sakit.

Mata saya minus. Beberapa kesempatan saya merasa ngga pas bahkan ngga nyaman menggunakan kacamata. Jadi pada saat seperti ini saya memilih menggunakan contact lenses. Tapi interval pemakaiannya pun sangat jarang atau minim dibanding pemakaian kacamata. Nah dari pengalaman saya selama pemakaian  contact lenses saya menyimpulkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih produk ini:


Lisensi/Izin

Lisensi biasanya berupa nomor lisensi/izin DEPKES RI dan KEMENKES RI. Dearest, pastinya kita ngga mau kan kalau ternyata produk yang kita gunakan ngga ber-lisensi? Meskipun sebenarnya ini ngga menjamin seratus persen keamanan produk yang kita gunakan. Tapi cukup smart untuk harus memperhatikan hal seperti ini.

wp-1465658543991.jpeg


Masa Berlaku/Expiry Date

Masa berlaku pasti udah tau ya. Yang jelas produk contact lenses yang bagus juga bergantung sama masa berlaku atau expiry date nya. Semakin lama masa berlakunya akan semakin bagus. Kita ngga mungkin menggunakan produk yang sudah dinyatakan expired untuk kesehatan kita. Bener nggak?


Kandungan/Kadar Air

Buat saya yang punya mata cenderung kering lebih baik memakai produk yang kadar airnya tinggi. Saya pilihnya minimal 55%. Karena dibawah 55% biasanya terasa kurang nyaman, mudah perih dan kemerahan. Kandungan air 60% saya agak susah dapatnya. Sempet pakai yang daily/disposable (habis pakai dibuang). Keterangan dari Optiknya sih kalau 60% ini memang ngga ada untuk produk selain daily.


Diameter & Base Curve

Ada beberapa ladies nih yang memilih jenis contact lenses berdiameter besar agar mata kelihatan lebih besar dan mempercantik tampilan. Jangan salah kaprah ya dear, sesuaikan dengan bentuk mata kita. Semakin besar diameter contact lenses akan mengurangi keleluasaan mata kita. Saya pilih yang normal 14.2 – 15.0. Di pasaran bahkan dijual diameter 16.0 sampai 20.5. Untuk Base Curve ini merupakan parameter kelengkungan contact lenses yang umumnya berukuran 8.60.


Masa Pakai

Masa pakai ini berbeda dengan masa berlaku ya. Selain produk daily/disposable. Contact lenses juga memiliki masa pakai antara 1 sampai dengan 6 bulan. Bahkan ada yang beredar dipasaran dengan masa pakai sampai dengan 1 tahun. Daily sih memang lebih nyaman, tapi kalau memang ngga mau pakai yang disposable maksimal masa pakai 3 bulan akan lebih aman dan nyaman.


SPH

Yang terakhir SPH harus sesuai dengan kondisi mata dear. SPH ini ada normal dan minus. Untuk ukuran minusnya variatif, pastikan produk yang kita pilih sesuai dengan ukuran minus yang kita miliki dan baiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter mata sebelum penggunaan contact lenses. 


Nah itu tadi beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat buat readers ya. Tapi jangan lupa, selain dari beberapa tips di atas, perawatan mata dan contact lenses itu sendiri sangat perlu ya dear. Kalau memang kondisi ngga memungkinkan untuk penggunaan contact lenses mending sebaiknya dihindari deh. Jangan memaksakan diri.

Pesan saya, choose your own way untuk menjadi cantik. Ngga perlu menjadi dan berusaha mengikuti orang lain.

Salam,

Mary Quaine


Leave a Reply

